Sabtu, 14 Desember 2013

Foto Warna Tertua Di Liverpool FC

Kopitesside-ID - Situs Liverpool Echo belum lama ini memuat sebuah foto berwarna yang disebut sebagai foto warna tertua Liverpool.
Foto tersebut milik salah seorang pembaca Echo bernama Kevin Rathe. Menurutnya, ia menjepret foto tersebut pada musim panas 1960. Masa itu, sebagian besar kamera masih berteknologi hitam-putih, termasuk kamera milik kameramen media-media besar.

"Aku sedang berada di Melwood saat para jurnalis foto mengambil foto skuat Liverpool musim itu. Tapi mereka menggunakan kamera hitam-putih. Aku punya kamera berwarna dan bertanya pada Shanks (Bill Shankly, Red.) apakah boleh ikut mengambil foto," cerita Kevin pada Echo.

"Shankly menjawab, 'Tentu saja boleh, Nak. Bisa jadi foto yang kau hasilkan lebih baik dari yang lain.'" Kevin melanjutkan. Dan sepertinya memang begitu.

Foto skuat Liverpool dalam cetakan berwarna pertama kali dirilis secara resmi pada November 1969, yakni saat Liverpool berhadapan degan West Ham United. Ketika itu sesi foto skuat menggunakan teknologi technicolour, sementara sebagian besar koran masih berwarna hitam-putih.

So, foto hasil jepretan Kevin Rathe lebih tua 9 tahun dari foto resmi yang dirilis Liverpool jelang pertandingan versus West Ham tersebut. Dalam foto itu terlihat Liverpool masih memakai seragam lama, yakni atasan kaos merah berleher V-neck putih yang dipadu celana putih dengan strip merah. Oya, kaos kakinya juga masih berwarna putih.

Liverpool sendiri mengganti seragamnya menjadi merah-merah semua 4 tahun setelah Kevin mengambil foto.


Keterangan foto:
Eks pemain Everton Dave Hickson berada di baris kedua dari kanan (duduk), Johnny Morrissey ada di baris yang sama (nomor 2 dari kiri), tepat di sebelahnya adalah Ian Callaghan muda. Legenda Rodger Hunt ada di baris ketiga, berdiri di antara Bobby Campbell dan Gerry Byrne.

Kiper Tommy Lawrence berkaos coklat, lalu nomor 3 di sebelah kirinya adalah legenda Billy Liddell. Di baris paling belakang ada Jimmy Melia (menoleh ke samping), dan di sebelahnya ada Dick White dan Ronnie Moran

0 komentar:

Posting Komentar