Sabtu, 14 Desember 2013

Ronnie Moran Sang Pengabdi Terlama Di Liverpool

Kopitesside-ID - Tepat 22 November 1952 silam, Ronnie Moran melakukan debutnya bersama Liverpool. Mereka menghadapi Derby County dalam partai tandang.
Moran sendiri merupakan pria yang mengabdi kepada Liverpool dengan waktu terlama, baik sebagai pemain, fisioterapis, caretaker serta manajer, yakni selama 46 tahun. Itu pun belum termasuk saat dia bergabung dengan The Reds sebagai pemain amatir pada 1949.
Sayang, debutnya sebagai bek tengah tidak berjalan mulus. Liverpool yang saat itu ditangani Don Welsh harus kalah dengan skor tipis 2-3.
Gol yang diciptakan Billy Liddell dan Jack Smith ternyata tak cukup untuk mencuri poin sempurna dari Derby County. Padahal, sang lawan berada di peringkat terbawah Divisi I. Berbeda dengan Liverpool yang berada di posisi ke-8.
Sejak debut tersebut, Moran hanya tampil 13 kali hingga musim selanjutnya, di mana Liverpool terdegradasi ke Divisi II.
Namun, itu tak membuat Moran pindah ke lain hati. Beberapa musim selanjutnya, dia justru menjabat sebagai kapten, termasuk saat manajer legendaris Bill Shankly pertama kali tiba di Anfield. Moran baru memutuskan untuk undur diri dari Liverpool pada 1998.

0 komentar:

Posting Komentar